Rabu, Maret 23, 2016

Rahasia Cara Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Mudah

Cara budidaya azolla dengan mudah - Azolla atau Azolla Pinata termasuk sejenis paku air dengan ciri khas mengapung dan berasal dari suku Azollaceae. Umumnya Azolla akan bersimbiosis bersama bakteri biru dan hijau yang namanya Anabena Azollae, lalu mengikat nitrogen secara langsung di udara. Tanaman yang satu ini juga ternyata mempunyai manfaat yang begitu banyak, khususnya dalam sektor pertanian dan peternakan buat dijadikan pakan unggas dan ikan juga pupuk. Maka dari itu, tak sedikit orang juga penasaran bagaimana cara berbudidaya Azolla.



Prospek membudidayakan tanaman ini tergolong sangat menjanjikan. Di samping itu, cara budidaya azolla tergolong sangat murah dan terjangkau. Di samping itu lagi, tanaman satu ini dapat membantu meminimalisir biaya pakan sampai 50% dibandingkan budidaya ikan lele. Menimbang Azolla merupakan salah satu pakan ternak untuk ikan lele. 

Ada Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Proses Cara Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan

1. Persiapan Tempat Ternak Azolla

Tahap cara budidaya azolla perlu diperhatikan pertama kali adalah persiapan tempat. Anda bisa menempatkan Azolla di tempat yang teduh hingga 2 hari ataupun bisa lebih, hingga Azolla tampak lebih segar kemudian dipindahkan ke area terpapar sinar matahari atau di kolam. Umumnya tempat yang terbaik buat cara budidaya azolla ini yaitu kolam tanah. Akan tetapi, jika Anda tak menggunakan kolam tanah dapat menambahkan tanah pada tempat budidaya azolla ang Anda persiapkan.

2. Pengisian Kolam Ternak

Cara budidaya azolla selanjutnya adalah dengan mengisi kolam ternak memakai air minimal sekitar 5 cm dengan maksimal 20 cm, pastikan untuk tidak terlalu tinggi mengisi air pada kolam. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan paparan sinar matahari, sebab jika semakin lama terpapar sinar matahari maka akan semakin baik. Karena habitat asli Azolla ini terdapat di sawah atau rawa, maka kunci paling utama untuk cara budidaya azolla ini yaitu dengan membuat media ternak yang menyerupai dengan habitat aslinya. 

Azolla juga dapat dikembangkan melalui kolam terpal di tambahkan pemberian lumpur. Agar memperoleh tanaman Azolla maksimal, sebaiknya media tanah hendak dimasukkan pada kolam terlebih dulu dicampur oleh pupuk kandang kering. Kemudian masukkan pada kolam se secara merata pada ketebalan 5 cm. Selanjutnya isi kolam memakai air secukupnya saja. Kemudian kolam pun siap untuk dilakukan tahap penebaran bibit.

3. Penggunaan Pupuk Kandang

Ketika mengaplikasikan pupuk kandang untuk media sendiri, Anda harus memperhatikan aroma bau airnya. Jika airnya bau, dengan begitu pupuk belum dapat terfermentasi sempurna. Jika hal tersebut terjadi jangan memakainya sebab bisa membuat Azolla mati.

4. Penebaran Bibit Azolla

Tahap cara budidaya azolla berikutnya penebaran bibit dari azolla memakai takaran 50 sampai 70 gram per m2. Kemudian diamkan hingga 2 minggu maupun lebih untuk menjaga ketinggian pada air. Supaya Azolla tumbuh secara optimal bisa menyiramkan probiotik BIOCATFISH sebesar 50 ml/m2 secara rutin sekali 2 hari. Lalu tunggu hingga 2 minggu maupun lebih.

Artikel terkait budidaya:

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Cepat Besar Dalam Waktu Singkat
Cara Budidaya Cacing Sutra di Kolam Terpal
Cara Budidaya Lele Organik
Cara Budidaya Kroto Media Toples

cara budidaya azolla pinnata,cara budidaya azolla di kolam terpal,budidaya tanaman azolla,azolla untuk pakan ikan,cara budidaya azolla pinnata,cara budidaya azolla microphylla,cara penanaman azolla,


Nah, itulah beberapa tahapan penting dalam membudidayakan tanaman Azolla ini. Untuk melakukan pemanenan sendiri, bisa dilakukan ketika azolla telah terlihat menumpuk serta menebal kemudian menutupi area permukaan kolam. Tanaman ini bisa dipanen sekitar 1-2 minggu dalam sekali, bisa juga berdasarkan kebutuhan. Demikian ulasan mengenai cara budidaya azolla!
Rahasia Cara Budidaya Azolla Untuk Pakan Ikan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad