Rabu, Maret 23, 2016

Media Tanam Cara Budidaya Hidroponik

Media tanam cara budidaya hidroponik dengan tepat - Teknologi hidroponik termasuk salah satu alternatif yang tepat untuk membudidayakan sayuran. Karena dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan paralon. Teknologi hidroponik untuk membudidayakan tanaman atau sayuran dapat dilakukan siapa pun sebab caranya sangat mudah. Dalam cara menanam hidroponik ini, tanaman bisa ditempatkan diarea mana pun, asalkan ketika hujan tanaman tersebut tak kehujanan. Sebab jika kehujanan, maka larutan nutrisi akan lebih encer dibandingkan seharusnya.

cara budidaya tanaman hidroponik,cara budidaya tanaman hidroponik sawi,cara budidaya hidroponik,budidaya hidroponik sayuran,budidaya tanaman hidroponik ppt,cara menanam hidroponik dengan media air,


Pada cara budidaya hidroponik untuk sayuran sendiri, terdapat beberapa media tanam yang berbeda. Seperti kita ketahui sayuran yang diproduksi dengan cara hidroponik sendiri kian mengalami inovasi dan perkembangan yang signifikan. 

Berikut Ini Beberapa Media Tanam Cara Tanam Sayuran Hidroponik Yang Dapat Dimanfaatkan

1. Media Tanam Kultur Air

Media tanam cara budidaya hidroponik yang pertama adalah menggunakan sistem kultur air. Sistem ini sebenarnya sudah dilakukan ketika dulu kala. Di abad ke 15, para suku Aztec sudah mengembangkan aneka macam sayuran dengan metode hidroponik memakai media dari kolam atau kubangan air.

Sementara di zaman sekarang ini, kita sering melihat contoh-contoh dari cara budidaya hidroponik memakai sistem kultur media air yakni dari sayuran jenis bayam air, kangkung air dan sebagainya. Umumnya mereka sendiri terinspirasi dengan tanaman enceng gondok di mana seringkali tumbuh pada area kolam ikan, danau maupun rawa yang bisa hidup dengan subur walaupun tak tumbuh pada akar yang menancap pada tanah.

2. Media Tanam Kultur Agregat

Media tanam dari cara budidaya hidroponik berikutnya adalah media kultur agregat. Di mana Anda bisa menjadikannya sebagai media tanam selain tanah, yakni memakai pecahan dari batu bata, media pasir, kerikil dan lain-lain. Umumnya media tanam agregat ini ditempatkan pada sebuah wadah berbentuk botol plastik yang bekas atau pot bunga.

Cara budidaya hidroponik memakai media kultur agregat ini berbeda halnya dengan kultur air, yang mana pasokan air pasti dapat diperoleh tanaman, dan unsur hara pun bisa dipenuhi plankton-plankton pada air itu sendiri. Dengan begitu media kultur agregat ini sedikit harus telaten untuk dapat memenuhi air maupun nutrisi yang dibutuhkan tanaman atau sayuran. 

Pemberian nutrisi tanaman untuk sistem ini yaitu dengan cara penyemprotan air di mana air tersebut sebelumnya sudah dicampur unsur hara yang dijadikan sebagai syarat tanaman agar bisa tumbuh subur dengan baik.

3. NFT atau Sistem Nutrient Film Technique

Media tanam untuk cara budidaya hidroponik dengan baik adalah dengan sistem nutrient film technique atau NFT. Cara ini termasuk metode yang memakai media air selokan untuk dijadikan media tanah sama halnya dengan menanam tanaman atau sayuran yang konvensional.

cara budidaya tanaman hidroponik,cara budidaya tanaman hidroponik sawi,cara budidaya hidroponik,budidaya hidroponik sayuran,budidaya tanaman hidroponik ppt,cara menanam hidroponik dengan media air,

Itulah dia ulasan mengenai pilihan media tanam pada cara budidaya hidroponik yang bisa Anda terapkan ketika membudidayakan sayuran. Anda bisa melakukan budidaya hidroponik tanaman di atas dengan media yang Anda pilih sendiri tergantung kebutuhan dan kondisi. Di samping itu, cara-cara diatas sangat tepat untuk Anda yang tinggal di area perumahan di perkotaan!
Media Tanam Cara Budidaya Hidroponik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad