Senin, Maret 21, 2016

Hindari 5 Hal Ini Dalam Cara Perawatan Kacer Mabung Terutama No. 4

Hindari 5 Hal Ini Dalam Cara Perawatan Kacer Mabung - da saatnya burung akan mengalami masa mabung, biasanya masa mabung atau pergantian bulu ini dilakukan setiap satu tahun sekali di waktu yang sama. Burung kecer pun akan mengalami masa mabung, sehingga cara perawatan kacer mabung harus sangat diperhatikan karena jika tidak bisa-bisa burung kecer kesayangan Anda stres dan mati. Untuk merawat kecer yang sedang mabung diperlukan cara khusus dan spesial. Jika burung kecer Anda sedang mabung maka hindarilah 5 hal berikut ini dalam cara perawatan kacer mabung.

perawatan kacer mabung agar cepat selesai,cara perawatan kacer mabung pertama,ciri2 kacer mabung jantan,mengatasi kacer mabung,kacer mabung dimandikan,cara merawat kacer ngurak,

Baca juga: Cara Merawat Ciblek Bahan Agar Tidak Mati

Cara Yang Harus Dihindari Agar Mabung Cepat Selesai

1. Memandikan burung

Cara perawatan kacer mabung yang tepat adalah tidak memandikan burung. Burung kecer yang masih dalam keadaan mabung tidak boleh dimandikan, karena jika kecer mabung dimandikan bisa menghambat proses perontokan rambut dan penumbuhan rambut. Sebaiknya burung kecer mulai dimandikan kembali setelah bulu-bulu barunya keluar. Jika bulu sudah mulai keluar maka mandikanlah kecer seperti biasanya.

2. Memberi EF

Memberi EF atau ekstra food juga dilarang dalam cara perawatan kacer mabung. Mabung pada kecer juga bisa disebabkan karena kelebihan EF yang diberikan sehingga memicu birahi burung menjadi meningkat. Sebaiknya pemberian EF pada burung kecer dibatasi atau dikurangi pada saat burung memasuki masa mabung. Anda bisa mengurangi atau bahkan tidak memberikan EF sama sekali pada burung kecer yang sedang mabung.

3. Tidak membersihkan kandang

Ini dia yang sering dilakukan oleh pencinta burung kecer pada saat mabung yaitu tidak membersihkan kandang. Cara perawatan kacer mabung yang benar adalah membersihkan kandang secara rutin setiap hari atau dua sampai tiga kali seminggu. Walaupun dalam keadaan mabung, kandang burung tetap harus dibersihkan agar burung tetap sehat.

4. Menutup full kerodong terus menerus

Hal yang perlu dihindari lainnya pada cara perawatan kacer mabung adalah menutup kerodong full sampai kecer selesai mabung. Ini adalah hal yang salah karena seharusnya kerodong juga dibuka agar burung bisa mendapatkan udara yang segar dari luar. Membuka kerodong pada saat burung masih mabung sebaiknya dilakukan di siang hari di tempat yang tenang agar burung nyaman.

5. Menjemur burung

Cara perawatan kacer mabung yang benar adalah menghindari menjemur burung. Burung yang sedang mengalami mabung sebaiknya tidak dijemur agar proses perontokan burungnya lebih cepat. Bulu burung kecer akan mudah rontok jika di tempat yang dingin. Mengatasi kecer mabung memang tidak mudah, namun jika memperhatikan hal-hal yang penting maka akan terasa mudah.

perawatan kacer mabung agar cepat selesai,cara perawatan kacer mabung pertama,ciri2 kacer mabung jantan,mengatasi kacer mabung,kacer mabung dimandikan,cara merawat kacer ngurak,


Pantangan-pantangan dalam cara perawatan kacer mabung ini haruslah dilakukan agar burung kecer Anda tidak mati karena stres. Pada saat masa mabung ini sebenarnya merupakan masa emas bagi burung kecer untuk melakukan pemasteran. Anda bisa memanfaatkan masa mabung ini untuk memperdengarkan burung kecer suara master burung lain ataupun sejenis. Agar pemasteran berhasil, tempatkan burung di tempat yang nyaman dan sepi sehingga kecer bisa tenang saat mabung dan konsentrasi mendengar suara master burung yang diperdengarkan.
Hindari 5 Hal Ini Dalam Cara Perawatan Kacer Mabung Terutama No. 4 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad