Selasa, Maret 22, 2016

Cara Tanam Cabe Merah Memakai Polybag Praktis

Cara tanam cabe merah memakai polybag - Cabe merah termasuk salah satu dari komoditas pertanian dengan harga fluktuatif. Terlebih lagi ketika menjelang hari raya seperti lebaran, pastinya harga cabe akan melonjak tinggi. Karena itulah, banyak orang yang tertarik untuk mengetahui cara budidaya cabe merah ini. Adapun untuk media yang praktis dan mudah digunakan, bisa memanfaatkan polybag sebagai media tanam cabe merah ini. 

budidaya cabe merah dalam polybag,cara menanam cabe rawit di polybag,budidaya cabe rawit dalam polybag pdf,analisa budidaya cabe rawit dalam polybag,kumpulan menanam cabe di polybag,

Cara Melakukan Tanam Dan Tahapan Tahapannya

1. Pemilihan Bibit

Terdapat beberapa macam jenis cabe merah ini, seperti hibrida sampai varietas lokal. Untuk cara tanam cabe merah varietas hibrida dan lokal sebenarnya sama saja. Namun beberapa jenis cabe hibrida disarankan dirawat memakai obat-obatan yang tertentu. Kini ada varietas lokal sebagai produk hasil seleksi dengan produktivitas yang lebih baik dibandingkan lokal tanpa adanya seleksi. Selain itu cara menanam cabe merah lokal tergolong lebih sederhana daripada cabe hibrida.

2. Persemaian Benih

Langkah cara tanam cabe merah berikutnya adalah dengan menyemaikan cabe terlebih dulu untuk dapat menyeleksi pertumbuhan dari bibit itu sendiri, memisahkan bibit yang cacat atau kerdil. Adapun tempat persemaian sendiri dapat berbentuk polybag berukuran kecil sekitar 8 x 9 cm, petakan tanah, atau baki persemaian.

3. Persiapan Media Tanam

Metode cara tanam cabe merah berikutnya adalah persiapan media tanam. Sebaiknya pilih polybag dengan ukuran 30 cm ke atas, supaya media tanam pun mampu menopang pertumbuhan dari tanaman cabe rimbun dengan kuat. Selain polybag, dapat juga memakai pot dari semen, plastik, keramik atau tanah. Untuk menanam cabe memakai polybag sendiri memakai media tanam yang berupa campuran sekam padi, kompos, tanah, pupuk kandang, arang sekam, atau lainnya.

4. Pemindahan Benih

Sesudah benih siap untuk ditanam beserta media tanam, tahap cara tanam cabe merah selanjutnya yaitu memindahkan bibit dari tanaman cabe memakai polybag. Anda bisa melakukannya di pagi maupun sore hari, ketika matahari tak begitu terik agar mencegah stres pada cabe itu sendiri. Pindahkan bibit secara hati-hati, dan tidak sampai terjadi kerusakan di pekarangan rumah.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Tahap cara tanam cabe merah ini meliputi pemupukan, penyiraman, pengajiran, perompesan, pencegahan hama dan penyakit. Untuk pemupukan beri pupuk tambahan memakai NPK 1 sdm tiap polybag per bulannya. Penyiraman dilakukan paling minimal sekali dalam 3 hari. Pada pengajiran, berikan ajir dari bambu seusai cabe tumbuh 20 cm untuk menopang agar tanaman berdiri tegak.

Artikel terkait Menanam cabe:
4 Cara Menanam Cabe Merah Besar, Hasil Berkualitas
Cara Menanam Cabe Dari Biji
Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Pot

budidaya cabe merah dalam polybag,cara menanam cabe rawit di polybag,budidaya cabe rawit dalam polybag pdf,analisa budidaya cabe rawit dalam polybag,kumpulan menanam cabe di polybag,


Cara tanam cabe merah untuk perompesan sendiri yaitu dengan menghilangkan tunas-tunas yang muda tumbuh pada ketiak daun. Sementara pemakaian pestisida hanya dapat dilakukan jika tanaman cabe ini telah terserang penyakit atau hama.

Demikianlah 5 tahapan cara tanam cabe merah dengan mudah dan praktis melalui media polybag. Biasanya untuk panen sendiri bervariasi, disesuaikan dari jenis lingkungan dan varietas. Adapun waktu panen cabe terbaik yaitu ketika buah masih belum seluruhnya berwarna merah, yakni terdapat garis berwarna hijau.
Cara Tanam Cabe Merah Memakai Polybag Praktis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad