Senin, Maret 21, 2016

Cara Merawat Ciblek Bahan Agar Tidak Mati

Cara Merawat Ciblek Bahan Agar Tidak Mati - Mengapa merawat ciblek bahan terbilang susah? Sebenarnya merawat ciblek tidaklah terlalu susah, hanya saja membutuhkan waktu dan perjuangan yang lama. Membeli burung ciblek bahan dari hasil tangkapan liar memang mempunyai resiko tinggi misalnya mudah mati, dan susah jinak. Banyak kasus kematian dari burung ciblek bahan, terlebih lagi jika masih membeli burung ciblek bahan yang belum makan voer. Karena burung ciblek bahan yang belum makan voer umurnya masih terlalu muda atau bisa dibilang bayi sehingga rentan untuk mati. Apalagi pemelihara burung ciblek bahan pemula harus berhati-hati merawat ciblek bahan. Untuk itulah, di bawah ini kami rangkumkan beberapa cara untuk melakukan perawatan kepada burung ciblek bahan yang mudah.

cara merawat ciblek bahan agar cepat bunyi,cara merawat ciblek liar agar tidak mati,cara merawat ciblek bahan agar cepat gacor,cara merawat ciblek bakalan agar cepat gacor,cara merawat ciblek anakan,

Baca juga: Cara Merawat Lovebird Muda Untuk Lomba

Bagi pemula yang sering mengalami kesusahan untuk memberikan jenis perawatan burung ciblek dahan yang berkualitas, berikut tips untuk merawat ciblek bahan agar tidak mati yang benar sampai burung ciblek bahan tersebut menjadi gacor. 

Perawatan Ciblek Bahan Agar Tidak Mati

1. Melakukan pengenalan terhadap habitat baru

Sebagai langkah yang pertama yakni melakukan pengenalan burung kepada habitat barunya dengan lingkungan manusia dan lingkungan sangkarnya. Masukkanlah burung ciblek bahan ke dalam sangkar dengan full kerodong sekitar 3hari berturut-turut. Merawat ciblek bahan masa full kerodong ini sebaiknya pakan yang disediakan berupa kroto serta minuman juga terkontrol setiap harinya.

2. Melatih pakan burung ciblek bahan

Cara merawat ciblek bahan agar tidak mati dalam melatih pemberian pakan ini dilakukan setelah masa pengerodongan selesai dilakukan. Anda dapat melatih pakannya menggunakan pakan kering seperti voer. Pemberian pakan voer dapat dicampur dengan menggunakan komposisi dan kroto yang tepat. Misalnya pada hari pertama diberikan voer bisa 75 % dan kroto 25 %, hari keduanya bisa seimbang dan hari ke empat kroto bisa diperbanyak. Merawat ciblek bahan pada pemberian pakan dapat diberikan ketika pagi hari dan sore hari, karena Anda dapat mengamati apakah burung ciblek lebih suka kroto atau voer.

3. Menjinakkan burung ciblek bahan

Di dalam tahap menjinakkan burung ciblek bahan ini, terdapat cara merawat ciblek bahan dengan benar. Trik yang dapat Anda lakukan yakni dengan menggantangkan burrung ciblek pada tempatnya yang lebih ramai dan mempunyai ketinggian. Selanjutnya, secara perlahan turunkalah gantangan dari burung ciblek. Cara merawat ciblek liar ini agar tidak mati, setelah waktu 3 hingga 4 bulan burung ciblek bahan akan mudah berkicau dengan riang.

cara merawat ciblek bahan agar cepat bunyi,cara merawat ciblek liar agar tidak mati,cara merawat ciblek bahan agar cepat gacor,cara merawat ciblek bakalan agar cepat gacor,cara merawat ciblek anakan,

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat ciblek bahan agar tidak mati dengan mudah serta burung ciblek bahan selagi masih muda. Apabila cara diatas dilakukan secara rutin, maka Anda akan mendapatkan burung ciblek yang bisa gacor. Namun Anda juga bisa melakukan cara perawatan ciblek tangkapan sebagai pengetahuan tambahan yang Anda peroleh melalui sumber pengetahuan lainnya seperti internet dan orang yang sudah berpengalaman.
Cara Merawat Ciblek Bahan Agar Tidak Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad