Selasa, Maret 22, 2016

Cara Menanam Jagung Hibrida Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Jagung Hibrida di Lahan - Cara menanam jagung hibrida sangat mudah dilakukan dan tidak terlalu merepotkan seperti menanam tanaman pangan lainnya. Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh tanpa perawatan yang cukup rumit. Tetapi sayangnya, jika sudah terkena hama perlu cepat dalam menanganinya supaya tidak menjalar ke tanaman lainnya. 

cara menanam jagung manis
http://carabudidayakolam.blogspot.com/2016/03/ini-dia-tips-cara-menanam-jagung-manis.html

Berikut Urutan Cara Membudidayakan Jagung Hibrida

1. Persiapan bibit jagung

Untuk mendapatkan panen sesuai dengan harapan, maka pada awal cara menanam jagung hibrida membutuhkan benih yang berkualitas unggulan. Benih jagung yang berkualitas biasanya mempunyai ciri-ciri daya tumbuhnya lebih dari 90 persen. Selain itu dari segi genetik, fisik, dan fisiologinya tampak sehat dan tidak cacat. Kualitas benih yang unggul sangat terjamin jika Anda membelinya langsung dari petani.

2. Pengolahan lahan dan pemupukan

Cara menanam jagung hibrida dari segi lahan yang akan ditanami, sebaiknya digemburkan dahulu dengan mencangkul atau membajaknya. Kemudian, Anda membuat bedengan setinggi 30 cm yang sekaligus dicampur dengan pupuk kandang. Diusahakan Anda menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam. Selanjutnya, per 3 meter bedengan dibuat saluran drainase dengan lebar 30 cm dan tinggi 20 cm.

3. Teknik penanaman

Ada beberapa cara menanam jagung hibrida yang dapat Anda lakukan, antara lain tumpang sari, tumpang gilir, tanaman bersisipan, dan tanaman campuran. Namun, dari beberapa cara itu yang paling sering digunakan adalah teknik tanaman campuran. Cara tersebut merupakan cara penanaman yang paling efisien karena satu lahan dapat memanen beberapa jenis panenan, seperti jagung, ubi kayu, dan kedelai.

4. Teknik pemeliharaan tanaman

Teknik pemeliharaan dalam cara menanam jagung hibrida, antara lain penyiangan, dan pengairan. Jika pada awal pengolahan Anda sudah memberikan pupuk, maka sampai pemanenan tidak perlu diberi pupuk lagi. Untuk penyiangan dapat Anda lakukan ketika tanaman berumur 15 hari setelah tanam sebanyak 2 minggu sekali. Pembubuhan dapat Anda lakukan bersamaan dengan penyiangan supaya tanaman tetap tegak dan tidak mudah rebah.

Cara menanam jagung hibrida dalam teknik penyiraman dilakukan dengan menyiraminya dengan secukupnya, terkecuali jika tanah sudah lembap. Namun, jika tanaman jagung mulai berbunga, maka akan membutuhkan air lebih banyak lagi. Sehingga pada saluran drainase perlu dialiri dengan air. Selain itu, jika sudah terserang hama perlu dibasmi dengan menyemprotkan pestisida atau tanaman yang sudah terserang langsung dicabut.

5. Pemanenan jagung

Teknik pemanenan dalam cara menanam jagung hibrida biasanya dilakukan setelah tanaman berumur 85-95 hari setelah masa tanam. Untuk jagung sayur dapat dipanen sebelum bijinya mulai penuh (diameter 2-3 cm), untuk jagung rebus atau bakar bisa dipanen setelah biji setengah matang berwarna agak putih kekuningan, sedangkan untuk bahan tepung beras dapat dipanen setelah jagung benar-benar matang.

budidaya jagung manis organik
http://carabudidayakolam.blogspot.com/2016/03/cara-budidaya-jagung-manis.html

Demikianlah urutan cara menanam jagung hibrida secara benar dan tepat. Dengan melakukan teknik menanam jagung hibrida dengan urutan benar dan tepat, maka 95 persen tanaman jagung Anda tumbuh subur dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Semoga bermanfaat.
Cara Menanam Jagung Hibrida Yang Baik Dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad