Selasa, Maret 22, 2016

Cara Budidaya Tanaman Jahe yang Terdiri Dari 4 Tahap Berurutan

Cara Budidaya Tanaman Jahe - Kita mengenal tanaman jahe sebagai tanaman empon-empon yang memiliki banyak khasiat. Jahe dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan masuk angin yang menyerang. Dapat kita lihat bahwa jahe dimanfaatkan sebagai bahan untuk obat-obatan untuk masuk angin serta aroma terapi. Dengan melihat fungsi dan kebutuhan tanaman jahe tersebut, banyak masyarakat yang mengambil kesempatan itu untuk menanam tanaman jahe dalam jumlah banyak dan menerapkan cara budidaya tanaman jahe yang efektif dan efisien.
 
cara budidaya tanaman jahe gajah,cara budidaya tanaman jahe dalam polybag,cara budidaya tanaman jahe lengkap,cara budidaya tanaman jahe merah,


Pembudidayaan tanaman jahe ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan perkebunan atau dengan menggunakan media polybag atau pot. Cara budidaya tanaman jahe akan dipengaruhi oleh media tanam yang akan digunakan. Dengan demikian, Anda harus menyiapkan media tanam dengan sebaik-baiknya. Di bawah ini, Anda akan melihat beberapa tahap dalam cara menanam jahe yang baik. 

Tahap-tahap Pembudidayaan Tanaman Jahe

1. Tahap pembibitan

Tahap pertama dalam cara budidaya tanaman jahe adalah tahap pembibitan. Pada tahap ini Anda harus menemukan dan menyiapkan bibit unggul untuk Anda tanam. Anda berbagai macam jenis jahe. Untuk itu, Anda harus memilih jenis jahe yang paling tepat dengan kondisi alam di daerah Anda. Anda harus memastikan bahwa bibit bebas dari hama yang akan merusak tanaman tersebut. Cara pembibitan jahe dapat dilakukan dengan cara menyemai.

2. Tahap penyiapan media tanam

Cara budidaya tanaman jahe tahap yang kedua adalah tahap penyiapan media tanam. Jika Anda ingin membudidayakan tanaman jahe diatas lahan, sebaiknya Anda mengolah lahan tersebut dengan sebaik-baiknya. Pengolahan lahan penanaman dimulai dengan proses membajak dan kemudian membuat bedengan. Selanjutnya Anda juga perlu mengetes PH tanah. Jika PH tanah rendah, maka Anda perlu melakukan pengapuran.

3. Tahap penanaman tanaman jahe

Tahap selanjutnya adalah tahap penanaman jahe. Cara budidaya tanaman jahe dilakukan dengan membuat lubang untuk menanam. Lubang tersebut memiliki kedalaman antara 3 hingga 7,5 cm. Setelah itu, bibit jahe dilekatkan pada lubang tersebut dengan posisi rebah. Sebaiknya Anda melakukan penanaman tersebut pada bulan September hingga Oktober.

4. Tahap pemeliharaan tanaman jahe

Tahap pemeliharaan sangat diperlukan untuk menjaga tanaman jahe tetap tumbuh subur dan menghasilkan jahe-jahe yang berkualitas unggulan. Pemeliharaan dalam cara budidaya tanaman jahe ini memiliki beberapa jenis. Pertama Anda harus melakukan penyulaman. Penyulaman ini penting agar semua tanaman jahe tumbuh bersamaan. Selain itu, Anda juga harus melakukan penyiangan yang sangat penting untuk membersihkan lahan dari tanaman pengganggu yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman jahe. Terakhir cara budidaya tanaman jahe adalah pemupukan, pengairan, dan penyemprotan pestisida.

Artikel terkait lainnya:
Cara Menanam Jahe Gajah Dalam Polybag Agar Lekas Berisi
Cara Menanam Jahe Gajah dalam Karung
Cara Budidaya Jahe Dalam Karung Yang Menguntungkan
Teknik Cara Menanam Jahe Yang Baik Dalam Pot
Cara Budidaya Jahe Merah

cara budidaya tanaman jahe gajah,cara budidaya tanaman jahe dalam polybag,cara budidaya tanaman jahe lengkap,cara budidaya tanaman jahe merah,


Demikianlah cara budidaya tanaman jahe yang terdiri dari 4 tahap. Tahap-tahap tersebut harus Anda lakukan dengan maksimal. Dengan demikian, tanaman jahe akan tumbuh subur dan menghasilkan hasil yang maksimal pula.
Cara Budidaya Tanaman Jahe yang Terdiri Dari 4 Tahap Berurutan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad