Selasa, Maret 22, 2016

Cara Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal Yang Menguntungkan

cara budidaya ikan sidat di kolam terpal,cara budidaya ikan sidat di kolam beton,cara budidaya ikan sidat di jawa timur,cara budidaya ikan sidat air tawar,cara budidaya ikan sidat di kolam,

Sumber http://carabudidaya88.blogspot.com


Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang menguntungkan - Ikan sidat sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dapat hidup dengan baik di Indonesia. Ikan yang satu ini hampir memiliki karakteristik yang sama dengan belut. Ciri-ciri umum dari ikan sidat adalah kulitnya berwarna hitam dengan sedikit kecokelatan serta teksturnya memiliki lendir sehingga cukup licin jika dipegang dengan tangan kosong. 

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan jika dilakukan di Indonesia. Karena ikan sidat sendiri merupakan salah satu komoditi ikan yang sering dilakukan untuk eksport ke luar negeri terutama negara Jepang. Karena Jepang sendiri merupakan salah satu menu pokok yang sering dikonsumsi sehari-hari. Tetapi Jepang masih cukup kesulitan membudidayakan ikan sidat oleh sebab itu melakukan import dari Indonesia. 

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan ketika ingin membudidayakan ikan sidat mengingat permintaannya cukup banyak tetapi masih sedikit yang melakukan budidaya ikan sidat ini. Penghasilan yang akan didapatkan juga akan cukup tinggi. Mengingat masih sedikitnya orang yang bergerak dalam bidang ini sehingga persaingan masih longgar. 

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal juga dapat dikatakan tidak terlalu sulit. Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membudidayakan ikan sidat. Yaitu, proses adaptasi yang harus dilakukan oleh ikan sidat ketika dipindahkan ke kolam terpal. Proses adaptasi ini merupakan saat yang paling kritis karena jika ikan sidat tidak cocok justru akan mati. 

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal sebaiknya dilakukan dengan cara langsung. Maksud dari cara langsung adalah Anda sebaiknya menebarkan benih ikan sidat secara langsung dan tidak dituangkan. Biarkan plastik tempat ikan sidat tersebut membuka dan ikan menjadi menyebar dengan sendirinya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari stress pada ikan sidat yang akan terjadi jika menebarkan dengan sembarangan. 

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal selanjutnya adalah proses pemeliharaan. Anda disarankan memberikan perawatan secara biasa dengan memberikan makanan bernutrisi untuk ikan sidat. Apabila sudah memiliki bobot tubuh yang sesuai maka Anda dapat memindahkannya ke kolam pembesaran. Lakukan proses pemeliharaan ini secara berulang. Memberikan makanan serta menjaga kebersihan air merupakan kunci utama proses pemeliharaan yang benar. 

cara budidaya ikan sidat di kolam terpal,cara budidaya ikan sidat di kolam beton,cara budidaya ikan sidat di jawa timur,cara budidaya ikan sidat air tawar,cara budidaya ikan sidat di kolam,


Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal tahap pembesaran adalah proses dimana Anda akan membesarkan ikan sidat hingga ikan sidat memiliki berat minimal 200 gram per ekor yang merupakan standar kelayakan jual ikan sidat. Biasanya dapat dipanen ketika ikan sidat sudah berusia 5 bulan namun itu tergantung jenis ikan sidat. 

Cara budidaya ikan sidat di kolam terpal yang terpenting adalah memberikan pakan yang sesuai. Anda dapat menggunakan cacing tanah, pelet, udang atau kepiting untuk makanannya. Keuntungan yang ditawarkan ini memang cocok untuk Anda jika ingin melakukan proses budidaya ikan sidat yang nantinya dapat dijual ke negara-negara yang mengkonsumsinya seperti negara Jepang.
Cara Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad