Rabu, Maret 23, 2016

Cara Budidaya Hamster Yang Baik

Cara budidaya hamster yang baik yang baik - Hamster merupakan salah satu hewan mungil yang imut dan lucu dan termasuk hewan yang banyak disukai. Terutama kalangan wanita yang begitu tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini. Jadi, untuk Anda yang ingin membudidayakan atau ternak hamster sangat penting mengetahui bagaimana cara budidaya hamster dengan tepat agar hamster yang dihasilkan lebih banyak dan tentunya sehat. Cara ternak hewan mungil yang satu ini memang mudah dilakukan.


cara budidaya hamster campbell,cara budidaya hamster anggora,cara ternak hamster yang baik dan benar,beternak hamster yang baik,ternak hamster pemula,peternakan hamster,ternak hamster anggora,
Baca juga : Budidaya kelinci hias

Bagi Anda Pemula Berikut Tahapan Cara nya Yang Baik

1. Pemilihan Hamster

Tahap Cara budidaya hamster yang baik yang pertama yaitu pemilihan hamster. Hamster sendiri mempunyai jenis yang beragam yang memiliki ciri-ciri tersendiri. Untuk Anda yng baru saja mencoba membudidayakan hewan ini, dianjurkan memilih hamster jenis campbel sebab harga jualnya tergolong lebih murah dengan perawatan yng juga mudah. Akan tetapi kekurangannya, hamster yng satu ini tergolong galak. 

Selain hamster campbel Anda juga bisa memilih pearl atau winter white untuk dilakukan Cara budidaya hamster yang baik dengan tepat. Jenis dari hamster ini termasuk jenis yang jinak dengan harga yng tak begitu mahal. Adapun untuk dapat memilih jenis indukan baik, Anda bisa memilih dari tingkat kelincahan hamster itu sendiri serta nafsu makannya. Sementara untuk indukan hamster yng jantan, Anda harus memilih hamster yang memiliki bokong besar.

2. Persiapan Kandang

Cara budidaya hamster yang baik berikutnya adalah persiapan kandang. Jika Anda ingin beternak hamster yg biayanya murah, maka bisa menggunakan box atau kotak bekas dari es krim atau aquarium untuk tempat atau kandang hamster yg akan dibudidayakan. Tetapi, bila Anda mempunyai anggaran yg cukup, dapat membeli kandang hamster dengan harga ratusan juta dijual di toko-toko kandang hewan. Untuk alas kandangnya, bisa memakai pasir atau serbuk kayu, bertujuan supaya kandang tidak beraroma bau yg dikarenakan air kencing atau keringat hamster. 

Adapun alas ini juga berfungsi membersihkan bulu hamster supaya tetap rapi. Di samping itu, dalam Cara budidaya hamster yg baik ini perlu dijaga kebersihan kandang demi menghasilkan hamster yg berkualitas.

3. Pemberian Pakan Hamster

Cara budidaya hamster yang baik yang berikutnya adalah pemberian pakan hamster. Hamster sendiri termasuk hewan pengerat yg gemar mengonsumsi biji-bijian. Anda bisa memperolehnya di toko-toko jual pakan hewan. Pastikan juga untuk memberinya makanan variasi seperti jagung, tauge, kuaci maupun jenis makanan biji-bijian yang lainnya.

4. Tahap perkawinan

Tahap Cara budidaya hamster yang baik selanjutnya adalah perkawinan. Hamster termasuk sejenis hewan yang gemar poligami. Untuk itu, Anda bisa mengawinkan 1 jenis indukan dengan pasangan dari beberapa induk yang betina. Akan tetapi, sebaiknya dari masing-masing jenis indukan betina lalu dipisahkan kandangnya untuk mengantisipasi terjadinya perkelahian. Jika salah satu dari induk betina sudah hamil, Anda pun bisa memindahkan induk yg jantannya pada kandang betina lainnya.

cara budidaya hamster campbell,cara budidaya hamster anggora,cara ternak hamster yang baik dan benar,beternak hamster yang baik,ternak hamster pemula,peternakan hamster,ternak hamster anggora,


Itulah tahapan-tahapan penting Cara budidaya hamster yang baik. Hal yang tak kalah pentingnya adalah pemeliharaan hamster seusai hamil. Sebab hamster dapat memakan anaknya ketika makananya sudah habis atau merasa terganggu. Pastikan Anda membersihkan kandang ketika bayi hamster berusia 1 bulan kurang. Demikian ulasan mengenai Cara budidaya hamster yang baik dengan tepat dan benar!
Cara Budidaya Hamster Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad