Senin, Maret 21, 2016

6 Cara Merawat Cucak Ijo Mini Praktis dan Mudah

Cara merawat cucak ijo mini praktis dan mudah - Cucak ijo mini merupakan burung kicau yang kini tengah naik daun dan banyak digemari para pencinta burung. Dengan cara perawatan cucak ijo mini yang tepat tentunya mempermudah cucak ijo mini ini lebih mudah gacor. Bagi Anda yang memiliki jenis burung yang satu ini, kini tak perlu khawatir sebab kami akan membagikan tips dan trik cara perawatannya seperti di bawah.

cara merawat cucak ijo mini mabung,cara merawat cucak ijo mini bakalan,cara merawat cucak ijo mini agar cepat gacor,merawat cucak ijo mini biar cepat gacor,cara merawat cucak ijo mini biar gacor,

Baca juga: Tips Cara Merawat Kenari Cepat Gacor Door

Langkah Langkah Cara Perawatan Cucak ijo

1. Pemilihan Jenis Kelamin

Sebelum beranjak ke cara merawat cucak ijo mini, sebaiknya Anda pilih terlebih dulu burung cucak ijo mini untuk dirawat. Pilih burung cucak hijau yang mini dengan jenis kelamin jantan. Sebab cucak ijo mini jantan biasanya lebih mudah gacor. Adapun cucak ijo yang jantan umumnya ditandai adanya bulu berwarna hitam di bagian dagu hingga leher.

2. Pemberian Pakan Cucak Ijo Mini

Langkah tips merawat cucak ijo mini yang selanjutnya adalah dengan pemberian pakan. Supaya burung ini rajin berbunyi atau gacor, sebaiknya selalu mengganti pakan voer yang lama dengan baru sekitar sekali dalam 2 hari. Adapun voer yang Anda berikan pastikan memiliki protein berkadar 12 hingga 18%. Pada burung jenis ini sebaiknya pemberian pakan dilakukan bervariasi sesuai kebutuhan burung dengan kandungan vitamin, protein, karbohidrat dan mineral.

3. Pemberian EF

Tahapan cara merawat cucak ijo mini berikutnya adalah dengan pemberian EF atau ekstra food. EF merupakan makanan tambahan untuk burung cucak ijo mini. Pemberian EF ini sangat penting demi mencukupi keperluan nutrisi dan gizi pada burung. Adapun EF yang diberikan seperti ulat hongkong atau jangkrik. Untuk jangkrik 2 sampai 2 ekor tiap pagi juga sore hari. Untuk kroto sebaiknya diberikan 2 kali dalam seminggu. Ulat hongkong sendiri dapat diberikan sebanyak 2 kali dalam seminggu 3-4 ekor.

4. Perhatikan Kebersihan Kandang

Tips cara merawat cucak ijo mini selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang. Pastikan Anda melakukan pembersihan kandang di tiap hari, dengan mengganti air minum tap hari dan membuang kotoran yang ada dalam kandang.

5. Tahap Pemandian dan Penjemuran

Sebelum Anda memandikan cucak ijo mini, sebaiknya lakukan cara perawat cucak ijo mini dengan mengangin-anginkan burung terlebih dulu hingga 30 menit. Kemudian Anda dapat memandikannya dengan cara penyemprotan. Untuk penjemuran cucak ijo mini dapat dilakukan tiap hari pada pagi hari dengan rentang 1 sampai 2 jam. Kemudian diangin-anginkan kembali di teras sekitar 10 menit dan dikerodong lagi.

6. Pemasteran

Langkah cara perawatan cucak ijo mini selanjutnya adalah tahap pemasteran suara. Anda dapat melakukannya memakai suara dari burung masteran yang lain ataupun dengan memakai MP3. Tahap pemasteran ini dapat dilakukan di siang hingga sore hari, kemudian di malam sampai pagi hari. 

cara merawat cucak ijo mini mabung,cara merawat cucak ijo mini bakalan,cara merawat cucak ijo mini agar cepat gacor,merawat cucak ijo mini biar cepat gacor,cara merawat cucak ijo mini biar gacor,


Selain cara merawat cucak ijo mini di atas, Anda juga perlu memperhatikan kenyamanan lingkungan burung cucak ijo mini kesayangan Anda. Seperti kita ketahui, cucak ijo mini sangat menyukai suasana yang nyaman serta tenang. Anda harus memastikan suasana di area sekitar rumah sebagai lingkungan tempat tinggal cucak ijo berada dengan suasana yang tenang agar burung ini pun nyaman. Demikian ulasan mengenai cara merawat cucak ijo mini yang tepat untuk Anda!
6 Cara Merawat Cucak Ijo Mini Praktis dan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad Rohmad